Resep Ayam Asam Manis yang Sederhana Tapi Maknyus

Olahan daging ayam memang cukup banyak dan tidak ada habisnya karena daging ayam bisa diolah menjadi berbagai macam olahan yang cukup lezat. Akan tetapi, jika anda bosan dengan olahan ayam seperti ayam goreng, ayam bakar, ayam gulai, dan sebagainya, anda bisa mencoba Resep ayam dengan bumbu asam manis yang akan memberikan cita rasa yang berbeda dengan olahan ayam pada umumnya. Perpaduan cita rasa asam dan manis pada ayam tentu akan membuat anda ketagihan dan tidak akan membuat bosan rasanya. Dengan demikian, anda tidak lagi bosan dengan olahan ayam. Resep ini sendiri bisa anda buat dirumah dengan sederhana sehingga anda bisa mengolah ayam dengan resep tersebut secara mudah dirumah.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan

Anda yang ingin membuat ayam asam manis, tentu perlu mempersiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan untuk membuat masakan ini sendiri tidak terlalu sulit didapatkan sehingga anda bisa membuatnya kapanpun untuk keluarga anda. Adapun beberapa bahan yang perlu dipersiapkan untuk olahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Daging ayam sebanyak 1/2 kilo dan potonglah menjadi 6 bagian
  • Sediakan juga garam sebanyak 2 sendok makan
  • 3 Siung bawang putih yang telah dihaluskan terlebih dahulu
  • 1 sendok makan air perasan dari jeruk nipis
  • 300 ml minyak goreng

Bahan-bahan diatas merupakan bahan utama untuk membuat ayam asam manis. Selain bahan-bahan diatas, anda juga perlu mempersiapkan bahan-bahan lainnya yang digunakan untuk membuat saus asam manisnya. Untuk itu, berikut ini beberapa bahan yang wajib dipersiapkan untuk membuat saus asam manis pada ayam asam manis.

  • Memarkan terlebih dahulu 1/2 butir bawang bombai dan iris tipis-tipis
  • Siapkan 1 sendok makan margarin
  • Perisapkan juga 3 sendok makan saus tomat
  • 1 ruas jahe dan irislah terlebih dahulu tipis-tipis
  • Siapkan juga 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 200 ml sari jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gr kacang polong
  • 2 sendok teh tepung meizena dan larutkanlah terlebih dahulu dengan sedikit air

Cara membuat ayam asam manis

Setelah anda mempersiapkan bahan-bahan diatas baik untuk bahan utama maupun bahan untuk saus, maka selanjutnya adalah cara membuatnya. Untuk membuatnya, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Lumuri terlebih dahulu daging ayam dengan garam dan jangan lupa gunakan air jeruk nipis dan bawang putih. Aduklah hingga rata dan diamkan selama 15 menit agar bumbunya meresap dan setelah itu tiriskan.
  2. Gorenglah daging ayam terlebih dahulu dalam minyak goreng yang panas hingga tampak matang dan kecoklatan. Selanjutnya, angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
  3. Untuk membuat sausnya, anda bisa memanaskan satu sendok makan margarin dan tumuslah bawang putih serta bawang bombay hingga tercium bau harum. Selanjutnya, masukkanlah saus tomat, tambahkan gula pasir, jahe, garam, dan air perasan jeruk nipis dan juga sari jeruk manisnya. Setelah itu, aduklah semuanya secara rata dan tuangkan larutan maizena. Masaklah semuanya sampai mendidih dan tambahkan kecap manis secukupnya. Jangan lupa tambahkan juga buah nanas dan aduk hingga merata. Jika sudah, angkatlah.
  4. Proses selanjutnya adalah penyajian dimana anda bisa menata daging ayam goreng tadi diatas sebuah piring saji. Setelah itu, siramlah saus asam manis diatasnya.
  5. Proses selesai, anda bisa menikmati masakan tersebut.

Begitulah cara memasak ayam asam manis, cukup mudah bukan? Sekarang anda bisa mencobanya dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *