10 Macam Manfaat Ampas Teh Bagi Kesehatan Kulit Manusia

Tampilan kulit badan yang putih dan bersih menjadi sebuah hal yang diinginkan oleh setiap orang di muka bumi. Model tampilan wajah dan tubuh jenis ini akan membuat seseorang terlihat sempurna. Oleh sebab itulah banyak orang di dunia yang mendambakannya. Akan tetapi, terkadang keinginan memiliki wajah dan badan yang menawan tidak terwujud. Kondisi ini biasa terjadi lantaran munculnya gangguan pada kulit manusia. Adanya gangguan pada bagian kulit membuat penampilan kurang menarik. Alhasil rasa percaya diri pun menjadi menurun. Sebenarnya terdapat cara mudah untuk mengatasi gangguan pada kulit. Teknik mengatasi masalah kulit pada muka ini bisa menggunakan bahan alami. Sebuah bahan alami yang bagus untuk kulit manusia adalah ampas teh. Manfaat ampas teh mampu membuat tampilan kulit menjadi lebih sempurna.

Pada dasarnya, ampas teh termasuk sebuah barang yang sering dijumpai oleh umat manusia. Benda bernama ampas teh sering ada saat kita membuat minuman teh. Kebanyakan jenis benda ini akan dibuang oleh umat manusia. Hal ini dapat terjadi lantaran ampas teh tidak dapat digunakan kembali.

Akan tetapi, sebenarnya ampas teh mengandung banyak manfaat. Manfaat ampas teh bisa digunakan untuk membuat tampilan kulit lebih menarik. Maksud menawan di sini adalah kulit terlihat lebih indah. Akan tetapi belum banyak orang yang mengetahui kegunaan dari ampas teh tersebut.

Berbagai Manfaat Ampas Minuman Teh Bagi kesehatan Kulit

Teh memang tergolong sebagai minuman yang sering dijumpai oleh umat manusia di muka bumi. Jenis minuman yang satu ini memiliki rasa yang nikmat. Rasa nikmat dari seduhan daun teh membuat manusia menyukainya. Bahkan mereka ada yang mengkonsumsi seduhan teh sebagai minuman wajib setiap harinya.

Daun teh memang menjadi tanaman yang mengandung banyak manfaat. Seduhan dari dari daun teh dapat dijadikan minuman yang nikmat. Selain itu, daun teh yang telah diseduh atau ampasnya bisa digunakan untuk membantu tampilan kulit wajah lebih menawan. Pada kesempatan akan dibahas mengenai manfaat ampas daun teh bagi kulit tubuh dan wajah. Berikut ini terdapat berbagai macam manfaat ampas teh yang begitu penting untuk kesehatan kulit muka.

1.    Menghilangkan kantung mata pada wajah

Manfaat yang pertama dari ampas minuman teh adalah bisa menghilangkan kantung mata. Pada dasarnya, kantung mata merupakan sebuah gangguan yang sering dialami oleh umat manusia. Gangguan pada wajah ini dapat muncul apabila seseorang kurang tidur, stress dan lain sebagainya. Untuk dapat menghilangkan kantung mata dapat menggunakan ampas daun teh. Masukkan ampas daun teh kedalam es atau kulkas. Setelah itu gunakan untuk mengompres bagian kelopak mata. Diamkan untuk beberapa saat. Lakukan langkah tersebut sampai kantung mata hilang.

2.    Dapat digunakan untuk masker muka

Memiliki wajah yang halus merupakan kebanggaan tersendiri. Akan tetapi, terkadang umat manusia tidak bisa mewujudkannya. Semua itu bisa terjadi lantaran mahalnya perawatan wajah. Akan tetapi, ternyata terdapat cara alami yang bisa digunakan. Teknik itu yakni memakai ampas daun teh. Manfaat ampas teh dapat membuat kulit wajah menjadi halus. Gunakan ampas dari daun teh sebagai masker. Taruhlah ampas teh pada mangkuk. Tambahkan sesendok madu pada mangkuk tadi. Jangan lupa untuk memasukkan tepung beras. Aduk rata semua bahan masker alami ini. Setelah tercampur rata, oleskan pada bagian wajah.

3.    Dapat dipakai sebagai lulur saat mandi

Memakai ampas teh untuk lulur mandi menjadi suatu hal yang menari untuk dilakukan. Kandungan zat dalam irisan daun teh mampu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh manusia, menghaluskan kulit dan lain sebagainya. Cara membuat ramuan ini cukup mudah. Campurkan 2 sendok ampas teh dengan lulur mandi dan tepung. Setelah itu, gunakan sebagai lulur mandi.

4.    Bisa membantu kulit tubuh yang terbakar oleh sinar matahari

Sinar matahari memang berbahaya bagi kulit tubuh. Dikatakan demikian lantaran kulit dapat terbakar akibat panasnya sinar matahari. Alhasil, kulit di tubuh menjadi tidak menarik lagi. Sebenarnya cara mengatasinya pun cukup mudah. Siapkan ampas teh dan air es. Masukkan ampas teh pada air es tadi. Gunakan untuk mengompres bagian tubuh yang terbakar.

5.    Mengobati penyakit bisul

Manfaat berikutnya dari ampas teh bagi kesehatan kulit adalah mampu mengobati bisul. Bisul termasuk gangguan pada kulit yang tidak menyenangkan. Gangguan berupa benjolan ini memberikan rasa sakit pada tubuh. Ternyata, jenis penyakit bisul bisa disembuhkan ramuan dari ampas teh. Gunakan ampas dari teh celup untuk mengompres bagian tubuh yang terkena bisul. Lakukan hal ini selama 15 menit secara rutin.

6.    Dapat mencerahkan kulit pada bagian wajah

Kulit wajah yang menarik merupakan dambaan setiap orang di muka bumi. Oleh sebab itulah, berbagai macam cara dilakukan agar kulit pada wajah terlihat cerah. Salah satu cara agar kulit pada bagian muka terlihat cerah yakni memakai ampas teh. Cara membuat ramuan dari ampas teh tidaklah sulit. Anda hanya perlu menggunakan ampas teh untuk masker wajah. Dengan melakukan tindakan tersebut, maka kulit wajah akan tampak lebih cerah.

7.    Membuat kulit wajah menjadi lebih kencang

Kulit wajah kencang menjadi sebuah keinginan bagi setiap manusia di muka bumi. Setiap orang di dunia pasti selalu berharap agar kulit muka dapat terlihat kencang. Salah cara agar kulit pada wajah terlihat kencang yakni dengan memakai ampas teh. Gunakanlah ampas teh tadi untuk masker pada wajah. Balurkan ampas teh sebelum tidur. Diamkanlah selama satu malam. Pada pagi harinya bilas memakai air yang bersih.

8.    Membantu agar kulit wajah kelihatan awet muda

Kegunaan lain dari ampas minuman teh bagi tubuh manusia yaitu membuat kulit pada bagian wajah terlihat awet muda. Ampas teh diyakini mampu menangkal radikal bebas yang menyerang kulit wajah. Hal ini membuat kulit di muka terlihat lebih awet muda. Cara penggunaan ampas teh ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu memakainya sebagai masker.

9.    Dapat menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Rasa gatal yang di timbulkan akibat gigitan nyamuk memang sangat mengganggu. Bekas gigitan nyamuk akan menimbulkan warna merah. Tentu saja hal ini membuat kulit pada tubuh terlihat tidak menarik lagi. Alhasil rasa percaya diri pun ikut berkurang. Sebenarnya, mengatasi rasa gatal dan warna merah akibat gigitan nyamuk tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan ampas teh untuk mengatasinya. Gunakanlah ampas teh yang ada model kantong untuk mengatasi masalah tersebut. Usapkan ampas teh pada bagian tubuh yang digigit nyamuk.

10.  Bisa menghilangkan ketombe

Manfaat ampas teh selanjutnya adalah bisa menghilangkan ketombe di kulit kepala. Ketombe termasuk gangguan kulit kepal yang sangat mengganggu. Oleh sebab itulah butuh penanganan yang tepat agar gangguan ini segera hilang. Sebuah cara alami yang bisa digunakan yakni dengan memakai ampas teh. Campurkan ampas pada air. Siramkan air tersebut pada kulit kepala. Pijatlah kulit kepala selama 10 menit. Setelah itu di bilas pakai air, lalu bisa melakukan keramas dengan shampo biasanya. Ulangi cara ini 3 kali dalam seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.