10 Manfaat Memelihara Kucing

Memelihara kucing merupakan salah satu hal yang sangat banyak dilakukan oleh masyarakat diberbagai belahan dunia termasuk indonesia. Ada banyak jenis kucing yang dapat dipelihara seperti kucing lokal, anggora, persia, bengal, dan masih banyak lagi jenis kucing lainnya. Memelihara kucing sangat menyenangkan dan juga memiliki banyak manfaat lainnya. Anda mungkin saja hanya mengira jika memelihara kucing hanya akan membuat anda memiliki hewan peliharaan yang menggemaskan saja melainkan ada banyak manfaat lainnya yang bisa anda temukan. Beberapa manfaat memelihara kucing akan kita bahas bersama-sama sehingga anda akan semakin sayang dengan binatang yang satu ini.

1.    Memiliki Teman Bermain

Manfaat pertama yang bisa dirasakan oleh anda yang memelihara kucing adalah memiliki teman untuk bermain. Bermain dalam hal ini bukan traveling namun bermain dengan hal-hal lucu seperti bermain tali, bermain ditaman, berlarian yang lainnya. Dengan mengajak kucing bermain maka anda juga sekaligus bermain. Jenis kucing lokal adalah salah satu jenis kucing yang sangat senang bermain sehingga akan sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Namun anda juga bisa memilih jenis kucing yang lainnya karena kebanyakan kucing memang senang bermain apalagi jika usianya masih sangat muda.

2.    Teman Curhat

Manfaat memelihara kucing yang selanjutnya adalah anda akan memiliki teman curhat yang setia untuk mendengarkan keluhan anda. Ketika tidak ada teman yang bisa diajak ngobrol atau curhat, banyak orang yang senang untuk menceritakan kisahnya dengan kucing kesayangan. Mereka memang tidak bisa mengerti apa yang disampaikan oleh manusia, namun tentu akan membuat perasaan lebih lega ketika menceritakan masalah pada makhluk hidup apalagi binatang yang anda sayangi. Anda mungkin tidak harus menceritakan seperti bercerita dengan manusia. Ceritakan seperlunya saja untuk membantu anda melepas sedikit beban yang menumpuk dalam hati dan pikiran.

3.    Bisa Membantu Mengusir Tikus

Kucing lokal adalah salah satu jenis kucing yang banyak dipelihara karena mereka sangat pandai menangkap tikus. Ketika ada kucing di dalam rumah, tikus tidak akan berani berkeliaran sembarangan. Jika tidak ada kucing di dalam rumah biasanya tikus akan sangat berani untuk mencuri makan yang ada diatas meja. Hal ini tentu saja sangat mengerikan karena tikus membawa banyak kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya. Jika dirumah anda ada banyak tikus yang berkeliaran memang sebaiknya anda memilih untuk memelihara kucing lokal. Setidaknya, kucing akan membuat tikus merasa sungkan untuk berlarian diatas meja anda.

4.    Mengurangi Stress

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan bagi orang yang memelihara kucing adalah mampu membantu untuk mengurangi stress. Kucing memiliki sifat yang sangat manja dan menggemaskan sehingga akan membuat siapa saja yang melihatnya merasa gemas. Ketika anda melihat tingkah lucu dari binatang yang satu ini maka anda sedang dalam proses pengurangan stress. Setiap manusia memang memiliki banyak masalah dalam hidup, namun bermain dengan kucing dapat menjadi salah satu terapi yang sangat mudah dan menarik. Bahkan ada studi yang membuktikan jika mengelus bulu kucing yang lembut dan hangat terbukti mampu mengurangi stress dengan cukup baik.

5.    Sangat Menghibur

Kucing adalah binatang yang sangat lucu sehingga bagi pecinta kucing mereka bukan hanya sekedar peliharaan saja melainkan bisa menjadi sahabat. Ketika sedang sedih, lelah atau bahkan malas, kucing selalu bisa membantu untuk mengurangi perasaan yang kurang baik. Jika anda memelihara kucing maka akan lebih mudah untuk menemukan hiburan yang menggemaskan hanya dengan melihat wajah dan tingkahnya yang terkadang seperti anak-anak. Kelucuan dari binatang satu ini telah banyak diabadikan oleh para pecinta kucing di berbagai belahan dunia. Anda akan sangat mudah melihat tingkah lucu dari kucing baik jenis kucing lokal atau jenis kucing lainnya.

6.    Kucing Binatang Yang Bersih

Manfaat untuk yang memelihara kucing yang selanjutnya adalah anda akan mendapatkan binatang yang pandai menjaga kebersihannya. Tidak seperti binatang lainnya, kucing sangat senang dengan hal-hal yang bersih. Salah satu bukti jika kucing senang dengan kebersihan adalah kebiasaan kucing menjilati bulu. Kandungan air liur pada kucing sangat banyak mengandung anti bakteri sehingga tidak berbahaya bagi manusia. Bahkan kucing juga senang untuk buang air di tempat yang telah disediakan dan juga menguburnya dengan baik. Meskipun mereka senang dengan kebersihan, pemilik kucing tetap harus melakukan perawatan agar kucing tetap bersih dan nyaman untuk disentuh dan dipeluk.

7.    Sebagai Teman Tidur

Bagi yang tidak senang tidur sendirian, manfaat dari memelihara kucing yang satu ini tentu saja sangatlah menarik. Kucing adalah binatang yang sangat mudah untuk dirawat kebersihannya sehingga mereka akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman tidur. Banyak dari pecinta kucing yang terbiasa untuk tidur bersama dengan kucing. Jika anda senang tidur bersama dengan binatang, anda harus selalu membersihkan kucing dengan cara memandikannya paling tidak sebanyak 1 kali setiap minggunya. Jika kucing anda bersih, kamar tidur akan tetap terasa nyaman dan tidak ada kotoran yang ikut mengganggu tidur malam anda.

8.    Mengurangi Populasi Kucing Liar

Manfaat memelihara kucing yang lainnya adalah anda bisa membantu untuk mengurangi populasi kucing liar. Kucing liar sangatlah kasihan karena tidak ada yang memberi makan dan tidak ada yang merawatnya. Jika anda pecinta binatang tentu akan sangat peduli dengan hal ini. Anda dapat mengambil kucing lokal yang liar karena dibuang oleh majikannya atau meminta kepada teman yang sudah memiliki banyak kucing. Jika populasi kucing liar berkurang maka akan semakin terasa nyaman lingkungan anda karena kucing terawat dengan baik dan tidak ada yang mencari makanan di tempat-tempat sampah lagi.

9.    Melatih Kepekaan Dan Kasih Sayang

Rata-rata orang yang memelihara kucing memiliki sifat yang lembah lembut dan penuh kasih sayang. Hal ini juga dipengaruhi karena mereka terbiasa memperlakukan kucing. Ketika seseorang bisa memperlakukan kucing dengan baik maka juga akan mampu memperlakukan baik manusia. Manfaat memelihara binatang kucing yang satu ini bisa anda dapatkan secara otomatis jika memelihara kucing dan mampu merawatnya dengan baik. Dengan memelihara kucing, anda akan terbiasa untuk menjadi peka dan penuh kasih sayang karena untuk dapat memahami kucing kesayangan anda harus menjadi seseorang yang cerdas membaca emosi mereka.10.          Membantu Melembutkan Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published.