Mengenal Lebih Jauh Tentang Berbagai Kelebihan ROM dan Custom ROM Pada Android

Pada abad 21, perkembangan teknologi sangatlah cepatnya. Cepatnya perkembangan teknologi ini ditandai dengan munculnya berbagai macam alat yang tergolong canggih. Alat – alat canggih itu telah dilengkapi dengan berbagai macam penemuan mutakhir. Oleh sebab itulah, maka teknologi terkini sangat memanjakan umat manusia. Salah satu jenis penemuan di bidang teknologi masa kini adalah hanphone. Handphone merupakan alat komunikasi antar manusia yang bisa dibawa kemana saja. Benda ini sangat membantu manusia untuk bisa terhubung dengan orang lain dalam jarak yang jauh. Untuk saat ini sebuah hanphone juga mengalami perubahan. Perubahan tersebut berupa pemakaian sistem android dalam perangkat komunikasi ini. Alhasil, sebuah hanphone modern dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya dengan nyaman.

Hanphone android adalah sebuah lata komunikasi canggih yang ada di masa kini. Jenis produk modern ini memiliki berbagai macam fitur yang lengkap. Sebuah hanphone android atau biasa disebut dengan nama smartphone dapat dipakai untuk menjelajah dunia maya. Selai itu, adanya sistem android membuat perangkat ini begitu nyaman dipakai untuk berbagai keperluan umat manusia sehari – hari

Berbagai Macam Kelebihan ROM Dan Costum ROM Pada Android

Bagi umat manusia masa kini pada sudah sangat familiar dengan yang namanya hanphone android bukan? Pada dasarnya, hanphone android merupakan sebuah alat komunikasi canggih yang di dalamnya terdapat sistem android. Perangkat ini memberikan kenyamanan bagi para pemakainya. Oleh sebab itulah, maka banyak orang yang tertarik untuk memiliki perangkat modern tersebut.

Dalam sebuah android biasanya terdapat istilah ROM dan custom ROM. Kedua istilah ini sebenarnya memiliki pengertian yang hampir sama. Akan tetapi terpadat perbedaan diantara keduanya. Pada dasarnya, ROM merupakan singkatan dari kata Read Only Memory. Arti singkatan ini yaitu suatu media untuk penyimpanan file yang tidak bisa diubah datanya. Dengan kata lain, data yang tersimpan dalam sebuah ROM tidak bisa ditambah atau dikurangi sedikitpun.

Pada suatu perangkat smartphone terdapat dua jenis ROM. Kedua jenis ROM ini memiliki perbedaan, perbedaan inilah yang membuat keduanya memiliki keunggulan masing – masing. Berikut ini penjelasan tentang keunggulan ROM dan costum ROM yang perlu penggunaan android ketahui.

1.    ROM

Jenis yang pertama dari penyimpan data adalah ROM. Menurutnya pengertiannya, ROM merupakan tempat menyimpan data yang ada pada perangkat android. Jenis ROM yang satu ini masih tergolong alami. Maksud alami di sini yaitu masih bawaan pabrik. Artinya penyimpan data jenis Stock ROM ini belum mengalami perubahan atau modifikasi. Keunggulan dari ROM asli pabrikan ini terdapat pada lebih terjamin keamanannya. Dikatakan demikian lantaran ROM jenis ini dibuat langsung oleh developer smartphone tersebut. Bagi para penggunaan media penyimpan ini pun akan mendapatkan pemberitahuan update resmi oleh pihak developer perusahaan. Contoh ROM android asli pabrik antara lain MIUI, Coloros dan masih banyak ragam lainnya.

   Baca juga : Langkah Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 4X Menggunakan Miflash

2.    Costum ROM

Jenis penyimpan data berikutnya yaitu Costum ROM. Costum ROM merupakan sebuah media penyimpanan data yang sering diaplikasikan pada perangkat android. Jenis ROM yang satu ini bukan asli bawaan pabrik. Dengan kata lain, costum ROM telah mengalami perubahan atau modifikasi. Perubahan atau modifikasi ini dilakukan oleh developer lain. Keunggulan dari costum ROM ini adalah lebih hemat baterai, performa android lebih bagus dan lain sebagainya. Adapun contoh dari costum ROM adalah Resurrection Remix, Nitrogen, Lineage, Cyanogenmod, Xiaomi.eu dan masih banyak lagi lainnya.

2 Replies to “Mengenal Lebih Jauh Tentang Berbagai Kelebihan ROM dan Custom ROM Pada Android”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *