4 Macam Daftar Manfaat dari Daun Kelor yang Wajib Anda Ketahui

Indonesia merupakan sebuah negara dengan tingkat kesuburan tanah yang cukup tinggi. Dikatakan memiliki tingkat kesuburan tanah yang tinggi lantaran berbagai macam tanaman dapat tumbuh subur di negara kepulauan ini. Keadaan ini yang mengakibatkan banyak orang yang menyebut Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai tanah surga. Selain karena kualitas tanahnya yang baik, iklim dari wilayah nusantara juga mendukung untuk tumbuhnya berbagai macam tumbuhan. Sebuah tumbuhan yang dapat hidup di wilayah nusantara yaitu tanaman kelor. Tanaman ini memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna di kehidupan manusia. Salah satu bagian dari tanaman tersebut yang diambil manfaatnya adalah bagian daun kelor.

Bagi masyarakat yang tinggal di Negara Indonesia pasti pernah mendengar nama tanaman kelor bukan? Pada dasarnya, tanaman kelor adalah sebuah tumbuhan yang memiliki daun berukuran kecil. Jenis tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan yang mengandung hal magis. Pohon kelor sering digunakan untuk menghilangkan kesaktian pada diri seseorang. Akan tetapi, untuk khasiat yang satu ini belum ada bukti penelitian secara ilmiah. Bahkan kekuatan magis ini sampai di akui oleh dunia barat. Oleh sebab itulah, maka tidak mengherankan jika tanaman tersebut diberi julukan miracle tree yang berarti pohon ajaib.

Pohon kelor memang termasuk dalam tumbuhan yang multifungsi. Pernyataan ini sangatlah beralasan lantaran semua bagian tanaman dapat digunakan. Oleh sebab itulah, maka tidak mengherankan jika banyak yang memanfaatkan tanaman tersebut dalam kehidupan sehari – hari.

Berbagai Manfaat Dari Pohon Kelor

Tanaman kelor memang menjadi sebuah tanaman yang tumbuh subur di Negara Indonesia. Ternyata, jenis tanaman ini memiliki manfaat yang begitu besar. Keadaan ini menyebabkan banyak orang yang memerlukan tumbuhan kelor. Bahkan bangsa eropa pun mengenal tumbuhan ini sebagai tanaman yang ajaib.

Salah satu bagian dari pohon kelor yang dimanfaatkan manusia adalah daunnya. Ukuran daun kelor yang kecil ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi manusia. Pada kesempatan kali ini akan di ulas mengenai berbagai manfaat dari daun kelor. Berikut daftar manfaat daun kelor yang perlu diketahui.

1.    Membuat luka menjadi lebih cepat sembuh

Manfaat pertama dari sebuah daun kelor adalah mampu menyembuhkan luka. Ketika seseorang mengalami luka di bagian tubuh, maka tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan ramuan daun kelor agar luka itu cepat sembuh. Cara untuk meramu obat ini pun cukup mudah. Langkah awal tumbuhlah daun kelor sampai halus. Setelah itu, usapkan tumbukan daun kelor tadi pada bagian tubuh yang luka.

2.    Menjadi obat bengkak dan beri – beri

Beri – beri dan bengkak merupakan sebuah gangguan tubuh. Jenis gangguan tubuh ini dapat menghambat aktifitas seorang manusia. Untuk itulah, maka diperlukan penanganan yang tepat agar gangguan ini lekas hilang. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah memakai daun kelor. Campurkan daun kelor dengan kulit pepaya. Kemudian kedua bahan alami tadi dihaluskan. Gunakan ramuan tersebut untuk obat luar penyakit beri – beri dan bengkak.

   Baca juga : 10 Macam Manfaat Ampas Teh Bagi Kesehatan Kulit Manusia

3.    Penurunan demam

Apabila anda atau keluarga mengalami demam tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan pengobatan alami dengan daun kelor. Ambillah daun kelor dan tumbuk sampai halus. Gunakan tumbukan tersebut untuk obat kompres demam. Dalam waktu singkat, maka demam akan berangsur turun.

4.    Menurunkan tekanan darah tinggi

Kegunaan lain dari daun kelor adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan zat yang ada dalam tanaman ini mampu meredakan gejala tekanan darah yang naik. Oleh sebab itulah, maka pohon kelor bisa menjadi obat herbal yang tepat bagi penderita darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.