Begini Cara Ampuh Menjaga Usus Besar Dan Halus Agar Tetap Sehat

Usus baik usus besar ataupun usus halus memiliki peran penting dalam tubuh manusia khususnya bagi sistem pencernaan. Usus besar sendiri memiliki fungsi untuk mengekstrasi garam, air dan berbagai penyerapan nutrisi dari berbagai makanan yang telah kita konsumsi. Dalam sistem pencernaan manusia, memang terdapat dua usus yaitu usus besar dan usus halus dimana keduanya memiliki fungsi dan peran berbeda.

Fungsi usus besar sendiri selain mengekstrasi juga berperan sebagai pengolah atau melakukan penyerapan nutrisi makanan yang tidak dapat dilakukan di usus halus sehingga setiap makanan yang masuk ke tubuh akan menjadi lebih optimal saat melakukan penyerapan makanan. Pada organ pencernaan ini sendiri sama seperti organ lainnya yang rentan akan penyakit jika kita tidak menjaga kesehatan usus kita dengan baik. Terlebih jika kalian memiliki riwayat sakit pada usus maka sebaiknya anda melakukan beberapa cara berikut agar organ pencernaan khususnya usus bisa lebih sehat dan bekerja lebih baik lagi kedepannya.

3 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Usus Besar dan Halus

Penting bagi kita menjaga kesehatan usus dimana hal itu bisa kita lakukan dari pola makan yang baik dan mengkonsumsi makanan yang bagus untuk pencernaan. Oleh karena itu, beberapa simpel berikut ini bisa anda lakukan agar usus anda bebas dari penyakit.

1.    Konsumsi Minuman Lemon

Lemon memang kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C pada lemon terkenal mampu membantu seseorang untuk mengurangi bobot tubuhnya. Selain itu, lemon juga berfungsi untuk membersihkan dinding-dinding pada usus besar. Terlebih, mengkonsumsi lemon juga dipercaya bisa membantu kinerja usus serta membersihkan zat-zat yang tidak berguna pada dinding usus. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah dimana anda hanya perlu memeras jeruk lemon dan tambahkan dua sendok madu murni. Setelah itu larutkan dalam segelas air dan konsumsilah setiap hari.

2.    Konsumsi Air Putih

Selain meminum minuman lemon, ada cara lain yang lebih mudah yaitu dengan mengkonsumsi air putih. Menjaga kebutuhan air yang cukup bisa membuat kondisi usus sehat. Air putih sendiri memang terkenal dengan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tubuh kita pun membutuhkan air putih yang cukup. Manfaat air putih bagi sistem pencernaan khususnya pada usus besar adalah sebagai pembasmi dan pembersih alami dan melumasi dinding-dinding pada usus besar.

Oleh karena itu, umumnya orang disarankan meminum air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga kesehatan usus besar. Tidak hanya itu saja karena mengkonsumsi air putih yang cukup juga akan menjaga tubuh dari kondisi dehidrasi. Dengan begitu, menjaga kesehatan kuncinya adalah dengan mengkonsumsi air putih secukupnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

3.   Konsumsi Sayuran Hijau

Sedangkan cara terakhir menjaga kesehatan usus adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Menjaga kesehatan usus memang sama halnya dengan kita memperhatikan kesehatan pencernaan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Sayuran hijau yang berdaun hijau memang memiliki jumlah serat tinggi. Beberapa sayuran seperti brokoli, kol, dan bayam merupakan beberapa contoh dari sayuran yang kaya akan serat.

Selain itu, sayuran daun hijau juga akan aktif menangkap bakteri, menjaga lapisan usus, dan menghilangkan lemak yang menempel pada dinding-dinding usus besar. Selain kaya akan serat, tumbuhan hijau juga dikenal memiliki antioksidan yang cukup baik sehingga banyak penelitian menyebutkan bahwa sayuran hijau mampu menjadi anti-bakteri bagi tubuh manusia.

Demikianlah beberapa tips bagi anda untuk menjaga kesehatan usus anda. Dengan cara-cara simpel diatas tersebut, tentu anda bisa membuat kesehatan pencernaan anda lebih baik karena usus anda akan dijaga dengan cara-cara tersebut diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.