Cara Menanam Bunga Petunia

Bunga adalah jenis tumbuhan yang paling banyak di sukai. Sebab bunga memiliki bentuk serta warna yang sangat cantik dan bahkan ada yang mengeluarkan aroma semerbak. Ciri ciri inilah yang membuat banyak orang menyukai bunga. Dan diantara berbagai macam jenis bunga, salah satu bunga yang paling indah adalah bunga petunia. Bunga yang satu ini merupakan golongan dari keluarga solanaceae yang bunganya memiliki bentuk menyerupai terompet. Bunga ini berasal dari amerika selatan dan memiliki tinggi fisik sekitar 16 – 30 cm. Untuk warna sangat bervariasi yaitu ada merah, kuning pucat, putih, biru dan juga ungu tua. Keindahan dari bunga petunia inilah yang membuat banyak orang ingin memilikinya sebagai hiasan di taman rumahnya. Dan untuk anda yang ingin membudidayakan tanaman bunga petunia ini maka sangat tepat jika anda menyimak ulasan dibawah ini yang akan memberikan informasi tentang cara menanam bunga petunia. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini

Jenis Jenis Petunia

Untuk yang pertama disini anda dapat menentukan jenis petunia yang anda inginkan. Meskipun ada ratusan jenis petunia namun disini anda dapat mengelompokkannya berdasarkan ukuran dari bunga tersebut serta berdasarkan kondisi dari pertumbuhannya. Berikut ini ada beberapa jenis petunia yang cocok untuk di budidayakan dengan menggunakan pot.

1.    Petunia Multiflora

Untuk jenis petunia yang pertama adalah petunia multiflora. Bunga ini memiliki ukuran yang lebih kecil namun memiliki jenis kelopak yang lebih tebal serta berwarna warni.

2.    Petunia Grandiflora

Untuk jenis petunia yang kedua adalah petunia grandiflora. Bunga petunia ini memiliki ukuran yang paling besar dan merupakan jenis yang paling banyak di tanam.

3.    Petunia Miliflora

Untuk jenis petunia yang ketiga adalah petunia miliflora. Bunga ini berukuran kecil dan paling mudah untuk di kendalikan sehingga bunga ini cocok di tanam sebagai pembatas.

Proses Menanam Bunga Petunia

Setelah anda menentukan jenis bunga petunia yang anda inginkan maka cara menanam bunga petunia yang pertama yaitu dengan menentukan bibit yang paling unggul. Untuk jenis tanaman hamparan maka anda dapat menggunakan petunia yang rapat, tidak tinggi dan tidak memiliki batang panjang. Berikutnya tentukanlah tempat yang pas untuk menanamnya.

Tanaman petunia ini sendiri sangat memerlukan sinar matahari secara penuh yaitu selama 5-6 jam dalam sehari. Kemudian tanaman ini harus memiliki sistem drainase yang cukup baik. Apabila anda menanam tanaman ini dalam pot maka anda harus menggunakan media tanam tanpa menggunakan tanah yaitu gambut, sabut, kompos batang pinus dan juga bahan anorganik berupa pasir.

Berikutnya anda dapat menyediakan tanah untuk menanam. Pastikanlah tanah yang digali subur dan juga gembur. Tanah juga harus di pupuk dan sediakanlah bahan organic berupa kompos daun, gambut dan juga kotoran hewan. Bahan organic ini dapat di masukan ke dalam tanah dengan menggunakan ketebalan sekitar 5 – 7, 5 cm.

Selanjutnya beri jarak yang tepat antara petunia. Dan hal yang perlu anda ketahui yaitu anda harus menanam bunga ini pada musim yang pas. Disini anda harus memulai untuk menanam tanaman hamparan petunia di awal musim semi. Hal ini untuk dapat membantu tanaman dalam penyesuaian diri dari kondisi yang ada di luar ruangan. Jangan lupa untuk terus memberikan nutrisi, air yang cukup untuk tanaman bunga petunia. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari cara menanam bunga petunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.