Cara Mudah dan Simpel Flashing Xiaomi dengan Mi-Flash Terbaru

Flashing merupakan hal yang cukup umum dan lekat pada pengguna Xiaomi. Ya, hal ini cukup beralasan karena flashing diperlukan ketika smartphone bermasalah dan tidak bisa digunakan. Biasanya, masalah smartphone yang disebabkan oleh penumpukan file sampah ataupun aplikasi yang tidak berjalan dengan lancar membuat pengguna Xiaomi harus melakukan flashing pada smartphone mereka.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pengguna Xiaomi untuk melakukan flashing ini. Salah satu cara yang cukup ampuh untuk dilakukan adalah dengan menggunakan Mi-Flash. Nah, Mi-Flash ini merupakan perangkat flashing yang bisa diandalkan, terutama untuk produk Xiaomi dengan chipset Snap-dragon.

Mengenal Mi Flash

Beberapa dari anda mungkin belum mengetahui apa itu Mi Flash. Nah, perlu diketahui bahwa Mi Flash ini adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk smartphone Xiaomi guna melakukan flashing. Nah, kini sudah ada versi Mi Flash terbaru yang bisa digunakan dan tentu saja sudah memiliki beberapa pembaruan istimewa dan bebas bug untuk digunakan.

Persiapan Untuk Flashing

Saat anda hendak melakukan flashing pada smartphone Xiaomi anda, maka ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Persiapan yang dimaksud adalah mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Beberapa bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah:

  • Mi Flash Terbaru
  • Mi PC Suite
  • Kabel USB asli atau bawaan dari Xiaomi
  • ROM Fast-boot
  • Unit Smartphone Xiaomi

Nah, beberapa bahan tersebut harus disiapkan terlebih dahulu dengan lengkap. Anda harus mengunduh beberapa bahan di atas dan usahakan anda mengunduh versi terbaru dari bahan tersebut. Setelahnya, pastikan bahwa bahan tersebut sudah diinstal di perangkat PC atau laptop yang anda gunakan dan berada pada folder yang sama.

Sebagai tambahan, anda harus melakukan disable pada driver signature enforcement. Disable ini harus dilakukan pada pengguna Windows 64-bit. Namun, jika anda menggunakan perangkat dengan Windows 32-bit, maka anda tidak perlu melakukan langkah yang satu ini. Nah, jika bahan tersebut di atas sudah siap, maka kita melangkah pada pembahasan berikutnya, yakni cara untuk melakukan flashing.

Cara Flashing Smartphone Xiaomi Dengan Mi Flash

Melakukan flashing dengan menggunakan Mi Flash sebenarnya cukup mudah. Hal ini dikarenakan langkah yang perlu dilakukan cukup sederhana. Hanya saja, anda memang harus melakukannya secara berurutan agar proses flashing menjadi berhasil dan smartphone anda bisa berfungsi kembali secara normal.

Nah, untuk melakukan flashing, maka anda perlu melakukan beberapa langkah flashing seperti di bawah ini.

  • Pastikan anda sudah melakukan langkah disable untuk driver signature enforcement pada pengguna Windows 64-bit. Jika sudah, maka lakukan restart pada perangkat PC ataupun laptop yang anda gunakan.
  • Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah instal Mi PC Suite dan juga Mi Flash terbaru yang sudah diunduh sebelumnya
  • Nah, masuk ke folder download dan extract ROM fast-boot. Proses extracting ini bisa dilakukan dengan aplikasi WinRAR. Masukkan hasil extract pada drive C
  • Selanjutnya, aktifkan USB Debugging Xiaomi. Letak dari USB Debugging ini ada di developer option atau pada opsi pengembangan. Setelah aktif, maka sambungkan smartphone Xiaomi anda ke perangkat PC atau laptop menggunakan USB cable original.
  • Tunggu ada notifikasi dan pilih always allow jika notifikasi sudah muncul.
  • Langkah selanjutnya adalah masuk ke download mode smartphone. Untuk masuk ke mode download, maka anda harus mematikan smartphone Xiaomi yang sudah tersambung. Dalam keadaan mati, maka tahan volume up dan power agak lama. Jika muncul menu, pilih download. Jika smartphone blank, maka anda sudah berhasil masuk ke mode download.
  • Langkah berikutnya adalah jalankan Mi Flash yang sudah diinstal sebelumnya.
  • Jalankan Mi Flash tersebut lalu tekan browse dan arahkan pada ROM fast-boot dan tekan refresh pada Mi Flash anda. Jika muncul tulisan COMXX (dengan 1 atau 2 angka), maka anda sudah siap untuk proses flashing
  • Kembali ke Mi Flash, tekan fresh all atau clear all. Proses ini akan menghapus data yang tersimpan di memori internal smartphone anda
  • Setelah itu, tekan flash pada menu Mi Flash. Mi Flash akan melakukan flashing pada smartphone dan proses ini membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 10 menit.
  • Tunggu proses selesai hingga anda mendapatkan notifikasi flash success
   Baca juga : Cara Install Resurrection Remix Pada Redmi 3s, 3x, 3s Prime

Demikian pembahasan mengenai cara flashing Xiaomi dengan Mi Flash. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.