Cara Mudah Flas Lenovo A6000 Dengan Mudah

Jika Lenovo A6000 anda mengalami booloop yaitu ketika dinyalakan maka hanya stuck pada logo Lenovo saja serta tidak bisa masuk dalam menu utama bahkan sudah direset menggunakan mode recovery namun belum membuahkan hasil. Nah terkait dengan permasalahan tersebut maka bisa melakukan flash ulang dengan menggunakan cara yang akan diulas dalam artikel ini.

Dengan melakukan flash ulang ternyata bukan hanya bisa mengatasi permasalahan bootloop saja melainkan permasalahan lainnya seperti aplikasi yang tiba-tiba berhenti, hang, lemot serta data seluler yang tidak bisa diaktifkan serta beberapa permasalahan lainnya. Jika sudah di flash maka perangkat bisa booting dengan normal seperti ketika membeli smartphone pertama kalinya.

Apa Itu Flashing?

Flashing dalam smartphone merupakan cara instal ulang system operasi yang ada dalam perangkat android untuk memperbaiki kerusakan atau error website yang ada dalam system. Permasalahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perangkat android Anda sering hang, atau stock di logo/icon saat dinyalakan. Biasanya terjadi akibat menginstall sebuah aplikasi yang tidak cocok atau aplikasi yang masih mengalami bug/belum sempurna.

2. Perangkat android tidak merespon “boot” akibat ada kesalahan/terjadi error pada system android.

3. Lupa kunci pola.

4. Lupa kode pengguna.

5. Lupa kode/ sandi telepon.

6. Aplikasi sering mengalami force close (sering meminta tutup paksa atau keluar sendiri)

7. Mengalami loading bootloop.

Bukan hanya itu saja, melainkan flashing juga bisa digunakan sebagai upgrade atau downgrade pada sistem operasi. Proses “upgrade sistem” ini bisa dilakukan ketika sebuah perangkat android tidak bisa menguprage sistemnya, sehingga secara otomatis meskipun stock upgrade yang sudah ada serta dirilis oleh developer android.

Motode downgrade ini merupakan kebalikan dari upgrade yaitu merupakan cara menurunkan sistem operasi yang ada di Android pada tingkat yang lebih rendah. Dengan demikian ketika flashing pada Lenovo A6000 sudah maka perangkat sudah seperti dalam keadaan baru lagi.

Bahan Untuk Melakukan Flashing

1.    Lenovo USB Driver

2.    Download QPST V 2.7 433

3.    Download Firmware Lenovo A6000

   Baca juga : Cara Instal Lineage OS 14.1 di Redmi Note 4X

Cara Melakukan Flashing Lenovo A6000

  • Ekstrak semua bahan yang sudah diunduh terlebih dahulu
  • Install USB Driver Lenovo dan QPST di PC/Laptop
  • Matikan Lenovo A6000 (Diamkan perangkat lebih kurang selama enam detik untuk memastikan Lenovo A6000 dalam keadaan mati)
  • Sekarang koneksikan ke PC menggunakan Kabel USB sambil menekan tombol Volume Up (Lenov A6000 dalam keadaan mati)
  • Tahap berikutnya jalankan “QFIL” yang ada di “All apps” lalu cari QPST yang sudah di install tadi (Sesuai dengan versi windows anda)
  • Setelah QFIL terbuka pastikan Lenovo terdeteksi PC dengan keluar tulisan “Qualcomm HS-USB QDLoader 9008” di tools QFIL, jika u sudah ada tulisan tersebut saatnya klik Browse lalu cari file prog_emmc_firehose_8916.mbn yang ada di folder hasil ekstrak fimware, kemudian klik Open
  • klik Open di file tersebut akan nampak tampilan seperti gambar di bawah ini, sekarang klik “Load XML” dan akan muncul “rawprogram_unsparse” klik Open di file tersebut kemudian akan muncul lagi file “patch0.xml” klik lagi open
  • Sekarang klik Download di tools QFIL dan proses flashing akan berjalan tunggu sampai selesai
  • Apabila proses Lenovo A6000 sudah selesai, Lenovo A6000 akan booting secara otomatis

Nah itulah cara melakukan flashing pada perangkat Lenovo A600 dengan mudah. Kamu bisa melakukan cara ini sendiri dirumah sehingga akan hemat pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.