Doa Panjang Umur Untuk Umur Yang Lebih Berkah

Berdoa adalah senjata bagi setiap manusia yang beriman. Dengan berdoa, seseorang akan merasa lebih tenang dan bahkan banyak dari kalangan ulama mengatakan salah satu hal yang dapat mengubah takdir adalah doa. Kehidupan manusia di dunia ini hanyalah sementara sehingga harus dimanfaatkan dengan baik agar dapat kembali kepada Allah dalam keadaan khusnul khotimah. Salah satu bentuk usaha seorang muslim agar mendapatkan usia yang panjang meskipun harus disadari usia seseorang merupakan ketetapan Allah adalah berdoa. Kali ini kita akan membahas mengenai bacaan doa panjang umur.

Doa panjang umur ini sudah banyak dihafal baik oleh kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bagi anda yang belum hafal memang sebaiknya menghafalkan doa yang satu ini. Selain meminta agar umur dipanjangkan, dalam doa ini juga meminta keberkahan umur. Usia yang panjang akan menjadi usia yang sia-sia tanpa ibadah dan keberkahan hidup. Tujuan manusia diciptakan di dunia ini adalah untuk beribadah sehingga jika hidup tidak digunakan untuk beribadah dan mendapatkan keberkahan maka hidup akan menjadi sia-sia.

Doa berikut ini tidak panjang namun ada banyak hal yang terkandung di dalam doa tersebut seperti mohon kesehatan, terang hati, ketetapan iman, kebaikan dalam amal, mohon rejeki, dan yang lainnya. Dengan menghafal doa ini anda sudah meminta banyak hal kepada sang maha pencipta. Teknik menghafalkan doa sangat sederhana, anda hanya perlu untuk membaca dan kemudian mengulangnya beberapa kali hingga doa tersebut masuk dan terukir dalam pikiran.

Berikut ini adalah lafaz dari doa tersebut:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya :

“ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu”.

Untuk melengkapi doa tersebut, anda juga perlu menghafal doa mohon keselamatan. Doa-doa ini sebaiknya dibaca setelah solat wajib namun juga bisa dibaca kapan saja. Dengan memohon kepada Allah, anda berarti mengakui bahkan anda membutuhkan Allah dan akan semakin dekan dengan nya. Kebahagiaan manusia memang tidak ada yang bisa menjamin hanya dengan panjang umur, namun setidaknya dengan memiliki usia yang panjang, amal manusia bisa diperbanyak. Kesempatan untuk melakukan lebih banyak aman bukan hanya karena usia yang panjang namun juga karena kebersihan hati. Doa tersebut sangat lengkap sehingga hidayah akan lebih mudah masuk kedalam hati.

Berikut ini adalah pelengkap yang juga sebaiknya di baca setelah anda melakukan sholat:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Alloohumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Artinya :

“Ya Allah kami memohon kepadamu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati”.

Dengan menghafalkan doa panjang umur tersebut, insyaAllah akan selalu ada hal baik kedepannya. Kunci dari terkabulnya doa adalah yakin dan juga jangan sampai menyekutukan Allah dengan apapun. Setelah berdoa tentunya harus ada usaha dan juga kepasrahan karena semua yang terjadi adalah menjadi kehendak yang maha kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.