Ini Dia 3 Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dijauhi

Usia kehamilan muda memang cukup rentan terlebih jika tidak dijaga dengan baik tentu hal tersebut akan mempengaruhi kondisi kehamilan seorang ibu. Hal itu disebabkan karena usia kandungan yang masih muda memang membutuhkan nutrisi yang cukup sehingga janin tidak sembarangan mendapatkan asupan nutrisi. Dengan kata lain, di usia kandungan yang masih muda, ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil. Tentu saja pantangan ibu hamil muda ini sangat penting untuk diketahui agar nantinya kondisi kehamilan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran atau bayi lahir dalam kondisi cacat.

3 Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda yang Wajib diketahui

Sebenarnya ada banyak sekali pantangan bagi ibu hamil muda, akan tetapi disini akan kami berikan 3 pantangan yang belum disadari betul oleh ibu hamil. Oleh karena itu, apa sajakah ketiga pantangan tersebut? Berikut ini beberapa ulasan yang wajib anda ketahui.

1.    Mengkonsumsi makanan/ minuman dengan kafein tinggi

Pantangan pertama yang wajib dihindari adalah mengkonsumsi makanan ataupun minuman dengan kandungan kafein. Berdasarkan studi penelitian yang ada, ternyata kafein memiliki pengaruh pada kondisi kehamilan usia muda. Pada kondisi normal saja kandungan kafein tidak baik jika dikonsumsi dengan porsi yang berlebih. Begitu pun pada ibu hamil terlebih kafein pada kandungan kopi yang mana minuman ini bisa mengakibatkan resiko keguguran bayi atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Bahkan dalam kasus terparah akibat mengkonsumsi kafein ini ada bayi yang mengalami kematian saat lahir.

2.    Mengkonsumsi makanan mentah

Makanan mentah baik yang berasal dari sayuran ataupun hewan memiliki resiko yang cukup tinggi gangguan kesehatan. Beberapa makanan mentah seperti sushi, daging setengah matang, hingga adonan kue yang masih mentah mengandung beberapa bakteri, virus hingga parasit yang bisa mengganggu pertumbuhan janin yang ada dirahim anda. Terlebih jika usia kandungan masih muda maka hal tersebut bisa rentan terhadap keguguran. Perlu anda ketahui bahwa kecambah mentah ternyata memiliki resiko bakteri yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Oleh karena itu, agar tidak mengalami gangguan pada kehamilan anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sudah benar-benar matang agar janin tidak terganggu.

3.    Mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri

Sedangkan pantangan terakhir yang mungkin banyak ibu hamil belum mengetahui adalah mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri. Mengkonsumsi ikan saat hamil sendiri memang sangat disarankan khususnya ikan laut karena ikan laut banyak mengandung omega 3. Akan tetapi, anda juga perlu berhati-hati dan selektif untuk memilih makanan satu ini karena kebanyakan ikan laut juga mengandung merkuri. Kandungan merkuri sendiri tidak bagus bagi janin karena bisa menyebabkan kecacatan pada janin. Beberapa jenis ikan yang sering mengandung merkuri diantaranya adalah ikan todak, ikan makarel, tilefish dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa makanan yang menjadi pantangan ibu hamil muda. Makanan ataupun minuman menjadi hal penting yang wajib diperhatikan karena saat hamil, apapun yang dikonsumsi ibu hamil nantinya akan diserap oleh janin. Tentu saja hal itu akan mempengaruhi keadaan janin itu sendiri sehingga anda wajib memperhatikan apa yang anda konsumsi. Selain masalah makanan dan minuman kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman beralkohol, menggunakan baju yang ketat juga menjadi pantangan lain yang wajib dihindari oleh ibu hamil baik hamil muda ataupun sudah tua karena tidak baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.