Jenis-Jenis Makanan Yang Aman Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Fase kehamilan 7 bulan atau disebut juga trimester ketiga, merupakan fase pertumbuhan dalam proses penguatan tulang dan aktivasi indra pada bayi. Pada fase ini, janin biasanya sudah menampakkan alat vital yang dimilikinya. Maka dari itu untuk menunjang fase perkembangan janin dengan baik maka penting untuk ibu memiliki pengetahuan makanan yang aman untuk ibu hamil 7 bulan. Faktor makanan sangat berpengaruh besar pada pertumbuhan janin terutama makanan yang aman dan tidak aman untuk ibu hamil yang harus dikenali sejak dini.

Mengetahui dan mengenali fase perkembangan janin memang tidak mudah dan penyuluhannya pun tidak secara detail dilakukan oleh kader-kader desa atau bidan-bidan bagi yang di desa. Namun untuk ibu-ibu di wilayah perkotaan dengan akses internet yang mudah menjadikannya mudah juga mengakses informasi terkait makanan untuk ibu hamil 7 bulan. Untuk lebih detailnya memang penting untuk bertanya langsung ke bidan atau dokter kandungan anda. Namun jika anda tidak memiliki banyak waktu maka sebaiknya anda telaten membaca artikel atau buku-buku terkait makanan yang aman untuk ibu hamil 7 bulan. Berdasarkan keterangan dari buku-buku kesehatan ibu hamil, makanan-makanan yang baik untuk ibu hamil 7 bulan yaitu :

Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran yang kaya akan vitamin A, C dan kalsium sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil 7 bulan. Oleh karena fase perkembangan anak pada fase pertumbunhan tulang dan aktivasi indra seperti indra pencium dan pendengar maka penting untuk mengkonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan kalsium. Sayur-sayuran seperti daun kelor, daun turi, bayam, sayur bening daun sager dan sayur-sayuran lain yang biasanya dimasak sebagai sayur bening sangat bagus untuk pertumbuhan janin pada fase 7 bulan ini. Selain untuk menunjang perkembangan bayi juga bagus untuk mempersiapkan ibu saat akan menyusui nanti. Banyak ibu-ibu hamil 7 bulan yang tidak mengetahui khasiat daun kelor pada fase itu. Sebaiknya ibu hamil telaten merawat dan mempersiapkan diri menuju masa kelahiran. Jauh-jauh hari mempersiapkan untuk memperlancar proses kelahiran maupun setelah kelahiran.

Buah-Buahan

Mengkonsumsi buah-buahan saat kandungan berumur 7 bulan sangat penting, karena selain sayur-sayuran peranan buah-buahan juga baik untuk menunjang fase perkembangan 7 bulan janin. Asupan makanan ibu-ibu hamil tidak boleh kurang juga tidak boleh berlebihan. Buah-buahan segar dengan nutrisi yang masih lengkap dan aktif mendukung perkembangan janin anda secara baik. Sebelum memilih buah-buahan untuk dikonsumsi sebaiknya anda mengenali tubuh anda sendiri. Misalnya, apakah anda punya riwayat darah rendah atau darah tinggi. Jika anda mempunyai riwayat darah rendah maka sebaiknya mengurangi buah-buahan yang dapat memicu turunnya tekanan darah secara drastis. Misalnya buah naga, semangka, melon, mentimun dan lain sebagainya.

Makanan Mengandung Kalori

Janin 7 bulan sudah mulai melakukan aktivitas-aktivitas di dalam perut ibunya. Maka untuk menunjang aktivitas itu dia membutuhkan banyak kalori selain kalori untuk ibunya sendiri. Janin 7 bulan mulai mendengar, mencium bau, menggerakkan tangan dan kakinya serta merespon stimulan yang didapatkan dari luar. Seperti halnya orang dewasa, untuk melakukan banyak aktivitas membutuhkan banyak kalori sebagai tenaganya. Begitu juga dengan janin yang ada di dalam perut ibu hamil 7 bulan. Adapun makanan yang penting dikonsumsi yaitu nasi atau roti, jagung, umbi-umbian dan makanan pendukung lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.