Mengenal Udang Sule Dari Sulawesi

Udang Sule ini memiliki nama lain yaitu udang Kardinal yang merupakan udang dari Sulawesi. Adapun Sulawesi ini merupakan salah satu pulau di Indonesia letaknya berada di Indonesia Timur. Jenis udang Sule ini merupakan jenis udang yang lebih kecil manakala dibandingkan dengan udang hias yang berasal dari wilayah danau Sulawesi, Indonesia.

Udang jenis Sule ini bisa hidup lebih lama yaitu kurang lebih 6 bulan sampai dengan satu tahun lebih lama jika dibandingkan dengan udang hias rata-rata pada umumnya. Warnanya yang merah terang menjadikan nilai tambah untuk udang ini terlebih bagi mereka yang senang menambahkan akuarium di rumahnya.

Udang sule ini juga mempertahankan populalitasnya yang sangat besar karena gaya hidupnya yang aktif serta mudah dalam perawatannya. Jenis udang ini akan nampak sedikit malu-malu manakala awal mula dimasukkan ke dalam akuarium. Akan tetapi jika sudah beradaptasi udang sule ini bisa lebih aktif serta menarik jika dibandingkan dengan jenis udang lainnya.

Sejarah Udang Sule

Udang sule mulai dikenalkan oleh para penggemar aquascape sejak akhir 2007. Udang jenis ini diambil dari daerah asli Sulawesi. Adapun di wilayah Sulawesi ini terdapat danau kuno sebanyak dua danau yaitu danau Malili serta danau Poso. Kedua danau ini merupakan asal muasal dari udang baru lainnya dengan warn yang cerah serta memiliki pola yang indah.

Varisasi Udang Kardinal

Udang Sulawesi ini bisa bervariasi dari pewarna merah terang hingga merah gelap bahkan mendekati hitam. Perlu diketahui juga jika kehadiran warna merah gelap ini bukanlah indikator dari kesehatan, jenis kelamin atau beberapa hal lainnya.

Pewarna merah bisa juga kontras dengan titik putih pada seluruh tubuh. Beberapa titik putih ini nampak memiliki garis berwarna biru. Adapun salah satu fitur yang paling keren dari Udang Sulawesi ini yaitu kaki depannya yang memiliki warna putih. Kaki berwarna putih ini bisa bergerak cepat manakala udang sedang makan serta juga bisa digunakan untuk membedakan antar satu spesies dengan spesies lainnya.

Sifat Udang Sule

Setiap makhluk hidup memiliki sifat masing-masing termasuk udang. Udang sule merupakan jenis udang yang tidak pemalu. Udang ini akan terus menerus mencari makan pada bagian bawah serta seperti lebih suka menggores batuan. Sebagian besar udang jenis ini nampak menghabiskan seluruh waktunya di alga yang menempal pada sisa-sisa kaca.

Udang yang berasal dari Sulawesi ini juga bukan jenis udang yang agresif serta bisa dengan mudah beradaptasi dengan sepesies lain dalam akuarium. Beberapa peternak juga mengatakan jika udang dari Sulawesi ini akan nampak lebih aktif ketika diberi siput dalam akuarium, bisa jadi hal ini menjadikan udang lebih betah hidup dengan siput.

Pola Makan Udang Sule

Membahas makannya, udang dari Sulawesi ini tidak memiliki kebutuhan makan yang khusus. Udang Sulawesi akan makan makanan yang sama dengan udang hias lainnya. Udang dari Sulawesi ini bisa diberikan ganggang sebagai makanan pokok. Manakala dibesaran pada koloni sangat penting untuk menyeimbangkan jenis makanan mereka.

Kalau saya sendiri, memberikan makan udang yang saya pelihara menggunakan jenis makanan yang sama untuk semua udang. Udang yang saya pelihara akan makan sepanjang hari namun ketika malam hari mereka akan makan lebih banyak. Ketika lampu dimatikan udang yang saya pelihara ini akan kelar serta makan lebih baik jika dibandingkan dengan lampu menyala.

Itulah beberapa ulasan mengenai Udang Sule semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.