Pengertian Dan Fungsi Root Pada Android Yang Harus Anda Tahu

Masyarakat modern seperti sekarang ini sudah sangat terbiasa menggunakan teknologi smartphone atau android. Anda tentu saja juga menggunakan teknologi yang satu ini. Ketika handphone mengalami masalah, banyak orang yang menggunakan cara root sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada handphone tersebut. Namun tahukah anda apa itu yang dimaksud dengan root. Bagi yang belum mengetahuinya, kali ini kami akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian dari root dan juga fungsinya untuk android anda. Root pada android menjadi salah satu hal yang memang sebaiknya anda ketahui karena nantinya anda bisa memanfaatkan cara root untuk mengatasi masalah yang mungkin saja terjadi pada handphone anda.

Pengertian root

Sebelum anda mengetahui fungsi dari root maka penting sekali untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Sebenarnya awal kata root adalah berasal dari superuser yang menjadi administrator sistem, operasi yang berbasis linux. Perlu anda ketahui jika akun dari administrator memiliki akses yang optimal atau bisa dikatakan memiliki akses penuh dalam sistem android. Root dalam bahasa indonesia memiliki arti sebagai “akar”. Dari kata ini anda akan mendapatkan arti bahwa root merupakan sebuah proses yang memberi izin pada pengguna untuk mengakses secara total android yang dimiliki karena pengguna perupakan administrator untuk sistem android tersebut.

Sebelum melakukan proses rooting, pengguna perlu untuk melakukan beberapa tahapan karena secara default pengguna tidak diberikan akses untuk melakukan rooting. Bagi yang berani melakukan root tentunya harus melalui beberapa tahap dan kemudian baru bisa melakukan proses root dengan resiko yang tentunya juga cukup besar. Melakukan rooting tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena nantinya justru akan dapat merusak android anda. Anda perlu mengetahui teknik-teknik melakukan root pada android dengan benar sehingga hasilnya akan sesuai dengan yang anda harapkan.

Root pada android berarti melakukan perubahan pda sistem operasi linuk sedangkan android hanyalah sebagian dari operasi linux tersebut. Ada beberapa bagian lain yang bisa dilakukan root yakni bagian sistem operasi linux lainnya seperti kali, ubuntu dan yang lain sebagainya. Setelah anda mengetahui pengertian dari root, selanjutnya anda juga perlu untuk mengetahui apa fungsi dari proses rooting.

Fungsi root android

Mengakses sistem dengan penuh

Pengguna android memiliki akses yang penuh untuk melakukan perubahan pada sistem operasi seperti mengurangi, menambahkan atau membuat perubahan apapun dari sistem.

Menghapus bloatware

Fungsi selanjutnya dari root pada android adalah untuk menghapus bloatware atau aplikasi tambahan yang biasanya merupakan aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Jika anda melakukan rooting maka aplikasi yang tidak anda gunakan bisa dihapus sehingga akan dapat membantu mengurangi beban kerja android anda.

Mengganti tampilan android

Banyak dari orang atau pengguna android yang melakukan proses rooting hanya karena ingin mengganti tampilan dari andorid. Kebanyakan penampilan android sangat biasa namun dengan melakukan root maka anda bisa menggantinya sesuai dengan yang anda inginkan.

Mengubah kernel

Manfaat atau fungsi selanjutnya dari root adalah mengubah kernel. Anda bisa menggantinya sesuai dengan keinginan karena ada banyak kernel yang bisa anda dapatkan karena produsen smartphone telah membagikan kode source dari kernel ke berbagai belahan dunia.

   Baca juga : Tips Ampuh Unlock Bootloader Xiaomi Paling Baru

Menginstal xposed

Anda bisa menginstal xposed di android anda yakni sebuah aplikasi yang bisa membantu pengguna untuk melakukan perubahan pada sistem dari android dengan mengunakan module dari developer.

Ketika anda melakukan root sebaiknya menyadari tentang banyak kekurangannya juga seperti kehilangan garansi serta malware akan mudah menjangkiti android anda. Namun memang diakui jika setelah melakukan root anda akan mendapatkan android yang sesuai dengan harapan hanya saja anda perlu untuk mempelajari caranya dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.