Resep Ayam Rica-Rica Pedas dan Mantap

Ayam memang masih menjadi salah satu bahan makanan favorite yang menjadi idola bagi masyarakat. Bahan makanan ini hampir menjadi bahan yang dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari. Selain ketersediaan ayam yang mudah di pasaran, ayam juga bisa dibuat menjadi aneka menu berbeda yang menggugah selera. Salah satu masakan berbahan dasar ayam yang sangat menarik untuk dicoba adalah ayam rica-rica. Pernahkah anda mendengarnya sebelumnya?

Ya, ayam rica-rica adalah olahan ayam yang sangat menarik untuk dicoba. Resep yang sebenarnya berasal dari Manado ini menawarkan olahan ayam yang memiliki cita rasa pedas dan aroma rempah yang kuat. Selain itu, ayam rica-rica juga menawarkan olahan ayam yang mudah untuk dimasak sehingga anda tidak repot jika ingin membuatnya di rumah. Mari kita simak secara lengkap resep olahan ayam berikut ini. Selamat membaca.

Bahan Ayam Rica-Rica

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa resep ayam ini tergolong cukup mudah untuk dimasak di rumah. Hal ini cukup beralasan karena bahan yang digunakan untuk membuat resep tersebut cukup mudah ditemukan di sekitar anda. Jika anda hendak membuat resep ini, maka ada beberapa bahan yang harus disediakan. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • 1 ekor ayam kampung yang dicuci bersih dan dipotong menjadi 8 bagian atau sesuai selera
  • 1 sdt air perasan dari jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 5 lembar daun jeruk yang dicuci bersih kemudian dihilangkan tulang daunnya
  • 2 batang serai yang dimemarkan
  • 300 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Rica-Rica

Selain bahan di atas, ada beberapa bahan lain yang diperlukan. Bahan tersebut digunakan sebagai bumbu rica-rica yang digunakan. Adapun beberapa bahan yang digunakan sebagai bumbu rica-rica adalah sebagai berikut:

  • 6 buah cabai merah yang sudah dibuang tangkainya
  • 1 buah tomat yang dicuci bersih
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe berukuran sedang yang dikupas kulitnya

Jika dilihat dengan saksama, maka beberapa bahan yang diperlukan sebagaimana di atas tentu saja sangat mudah ditemukan di sekitar anda. Nah, dengan bahan yang mudah ditemukan tersebut, anda tidak perlu ribet jika ingin memasak resep satu ini.

Cara Membuat Ayam Rica-Rica

Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dengan lengkap, maka langkah selanjutnya adalah membahas cara membuat resep ini. Tenang, cara pembuatan resep satu ini juga cukup mudah sehingga anda yang baru belajar masak pun bisa segera membuatnya. Nah, adapun beberapa langkah untuk membuat resep yang satu ini adalah sebagai berikut:

  1. Lumuri daging ayam yang telah disiapkan sebelumnya dengan garam serta perasan air jeruk nipis hingga merata. Jika sudah, diamkan ayam sekitar 15 hingga 20 menit sampai bahan tadi meresap. Sisihkan.
  2. Sementara menunggu ayam, maka tumbuh semua bahan untuk bumbu rica-rica. Siapkan pula penggorengan serta panaskan sedikit minyak untuk menumis bumbu yang telah ditumbuk tersebut.
  3. Tumis bumbu hingga harum lalu tambahkan daun jeruk dan serai. Aduk hingga merata.
  4. Nah, jika bumbu sudah harum dan matang, masukkan daging ayam yang sudah disiapkan tadi ke dalam tumisan. Aduk ayam hingga merata dan tunggu hingga berubah warna serta bumbunya meresap.
  5. Setelah itu, tuangkan sisa garam dan juga gula pasir ke dalam tumisan. Aduk merata.
  6. Tuangkan air yang sudah disiapkan lalu tunggu hingga bumbu meresap.
  7. Tes rasa masakan dan tambahkan penyedap rasa jika diperlukan
  8. Sajikan

Nah, demikianlah penjelasan mengenai resep ayam rica-rica yang pedas dan nikmat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.