Sederhana! Resep Bubur Bayi untuk Usia 6-12 Bulan

Kehadiran Sang buah hati tercinta di tengah keluarga tentunya menjadi hal yang paling didambakan oleh setiap pasangan. Sebagai orang tua pasti Anda ingin memberikan yang terbaik untuk kebahagiaan putra dan putri Anda dengan memberikan pendidikan terbaik serta memperhatikan kesehatan si kecil yang dilakukan sejak anak masih dini. Pemberian ASI ketika masih bayi sangat penting untuk pemenuhan gizi anak Anda agar memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tidak mudah terserang penyakit, oleh karena itu ASI sangat disarankan untuk diberikan kepada anak Anda pada usia 0 hingga 24 bulan. Pada usia 0 hingga 6 bulan bayi hendaklah mendapatkan ASI secara eksklusif dari ibunya untuk pemenuhan gizi, kemudian setelah 6 bulan Anda baru dapat memperkenalkan bayi dengan makanan pendamping ASI atau biasa disingkat MPASI.

Beragam Resep Bubur Bayi Sehat

Setelah 6 bulan bayi diberikan ASI eksklusif, Anda perlu mengenalkan makanan yang lain untuk bayi yaitu MPASI agar nantinya anak dapat terbiasa mengunyah dan mencerna makanan lain setelah lepas dari ASI. Ada banyak pilihan sayur atau buah-buahan yang bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan bubur sebagai MPASI yang memiliki kandungan gizi tinggi. Anda dapat membuat beragam bubur sehat untuk bayi tercinta dengan beberapa resep yang akan diulas sebagai berikut.

Bubur Pisang

Sebagai permulaan Anda dapat mencoba memberikan bubur pisang untuk bayi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Kupas 1 buah pisang kemudian potong hingga menjadi bagian kecil
  2. Masukan potongan pisang ke dalam blender dan haluskan hingga tekstur pisang lembut atau Anda juga bisa melembutkan pisang dengan melumat menggunakan sendok
  3. Beri tambahan sedikit air atau ASI kemudian aduk hingga tercampur dan bubur siap disajikan.

Bubur Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan gizi, Anda dapat membuat bubur brokoli dengan cara sebagai berikut.

  1. Siapkan 3 hingga 5 kuntum sayur brokoli yang telah dibersihkan
  2. Kukus hingga brokoli empuk kemudian biarkan sampai terasa agak dingin
  3. Blender brokoli tersebut hingga bertekstur lembut
  4. Tambahkan sedikit ASI atau air yang matang kemudian aduk hingga merata dan Anda dapat menyajikannya.

Bubur Wortel Mix Jagung Manis

Setelah Anda membiasakan anak dengan mengkonsumsi bubur 1 jenis sayur atau buah, selanjutnya cobalah untuk menggunakan 2 jenis sayur atau buah yang di mix, misalnya wortel dengan jagung manis dengan cara pembuatan sebagai berikut.

  1. Siapkan 30 gram wortel serta biji jagung manis yang segar dan telah dicuci bersih
  2. Haluskan dengan blender jagung dan wortel secara sedikit sedikit dan tambahkan sedikit air
  3. Setelah semua bahan telah halus, saringan menggunakan saringan
  4. Campurkan hasil saringan dengan sedikit ASI atau air
  5. Bubur siap dihidangkan pada buah hati Anda tercinta.

Bubur Beras Wortel

Bubur beras wortel merupakan langkah efektif untuk mengenalkan bayi Anda terhadap nasi dan Anda dapat mencobanya dengan cara sebagai berikut.

  1. Rendam 1 sdm beras selama kurang lebih 3 jam kemudian tiriskan
  2. Masak beras dengan air di dalam panci dan aduk sesekali hingga matang kurang lebih selama 10 menit
  3. Kemudian masukkan sekitar 25gr wortel yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam panci yang sama lalu aduk sekitar 5 menit kemudian angkat dan haluskan ke dalam blender
  4. Selanjutnya campurkan dengan ASI dan bubur siap dihidangkan.

Jangan lupa untuk menggunakan bahan yang segar dan terbaik untuk bubur agar bayi Anda bisa memperoleh gizi dan vitamin yang baik pula. Lakukan pemberian bubur atau MPASI secara bertahap mulai dari tekstur yang lembut hingga ke tekstur yang sedikit kasar agar pencernaan anak Anda bisa menyesuaikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk memberikan makanan terbaik bagi bayi Anda di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.